Silsilah Ibnu ‘Arabī (rh) II: Masīḥ Mau‘ūd (as) adalah Khātam al-Auliyā’

نحمده ونصلي على رسوله الكريم
بسم الله الرحمن الرحيم
وعلى عبده المسيح الموعود

Silsilah Ibnu ‘Arabīrh II: Masīḥ Mau‘ūdas adalah Khātam al-Auliyā

Pintu masuk menuju makam Ibnu ‘Arabīrh di kaki Gunung Qāsiyūn, Damaskus, Syria, http://data.nur.nu

arat Syaikh Ibnu ‘Arabirh berujar dalam kitab al-Futūḥāt:
فَإِنْ قُلْتَ: وَمَنِ الَّذِيْ يَسْتَحِقُّ خَاتَمَ الْأَوْلِيَاءِ كَمَا يَسْتَحِقُّ مُحَمَّدٌ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَاتَمَ النُّبُوَّةَ؟ فَلْنَقُلْ فِي الْجَوَابِ: اَلْخَتْمُ خَتْمَانِ: خَتْمٌ يخْتُمُ اللّٰهُ بِهِ الْوِلَايَةَ، وَخَتْمٌ يَخْتُمُ بِهِ الْوِلَايَةَ الْمُحَمَّدِيَّةَ، فَأَمَّا خَتْمُ الْوِلَايَةِ عَلَى الْإِطْلَاقِ فَهُوَ عِيْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ، فَهُوَ الْوَلِيُّ بِالنُّبُوَّةِ الْمُطْلَقَةِ فِيْ زَمَانِ هٰذِهِ الْأُمَّةِ وَقَدْ حِيْلَ بَيْنَهُ وَبَيْنَ نُبُوَّةِ التَّشْرِيْعِ وَالرِّسَالَةِ فَيَنْزِلُ فِيْ آخِرِ الزَّمَانِ وَارِثاً خَاتَماً لَا وَلِيَّ بَعْدَهُ بِنُبُوُّةٍ مُطْلَقَةٍ، كَمَا أَنَّ مُحَمَدًا صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ خَاتَمُ النُّبُوَّةِ لَا نُبُوَّةَ تَشْرِيْعٍ بَعْدَهُ وَإِنْ كَانَ بَعْدَهُ مِثْلُ عِيْسٰى مِنْ أُوْلِي الْعَزْمِ مِنَ الرُّسُلِ وَخُوَّاصِ الأَنْبِيَاءِ، وَلٰكِنْ زَالَ حُكْمُهُ مِنْ هٰذَا الْمَقَامِ لِحُكْمِ الزَّمَانِ عَلَيْهِ الَّذِيْ هُوَ لِغَيْرِهِ، فَيَنْزِلُ وَلِيًا ذَا نُبُوَّةٍ مُطْلَقَةٍ يُشْرِكُهُ فِيْهَا الْأَوْلِيَاءُ الْمُحَمَّدِيُّوْنَ، فَهُوَ مِنَّا وَهُوَ سَيِّدُنَا، فَكَانَ أَوَّلَ هٰذَا الْأَمْرِ نَبِيٌّ وَهُوَ آدَمُ وَآخِرَهُ نَبِيٌّ وَهُوَ عِيْسٰى، أَعْنِيْ نُبُوَّةَ الْاِخْتِصَاصِ، فَيَكُوْنُ لَهُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ حَشْرَانِ: حَشْرٌ مَعَنَا وَحَشْرٌ مَعَ الرُّسُلِ وَحَشْرٌ مَعَ الْأًنْبِيَاءِ.
“Apabila engkau bertanya: siapakah yang berhak menjadi Khātam al-Auliyā sebagaimana MuammadSAW berhak menjadi Khātam an-Nubuwwah? Kami akan menjawab bahwa khatm itu ada dua, yakni khatm yang dengannya Allah memeterai seluruh kewalian dan khatm yang dengannya Allah hanya memeterai kewalian Mumammadiyyah. Adapun khatm al-wilāyah secara mutlak, beliau adalah ‘Isāas. Beliaulah wali dengan kenabian mutlak pada masa umat ini. Beliau tidak akan membawa kenabian dengan syariah dan risalah baru. Akan tetapi, beliau akan turun pada akhir zaman sebagai seorang wali khātam. Sepeninggal beliau, tak akan lagi ada seorang wali yang menyandang kenabian mutlak sebagaimana sepeninggal MuammadSAW – yang merupakan Khātam an-Nubuwwah – kenabian dengan syariah baru tiada akan muncul lagi meskipun sosok semisal ‘Īsāas – yang termasuk dalam golongan ulul azmi yang istimewa di antara para nabi dan rasul – masih ada. Namun, kedaulatan beliau tidak akan berlaku lagi karena beliau hidup pada zaman yang diperuntukkan bagi wujud selain beliau. Oleh sebab itu, beliau akan turun sebagai seorang wali yang memiliki kenabian mutlak yang, dalam posisi tersebut, para wali umat MuammadSAW ikut serta ambil bagian. Dengan demikian, beliau akan berasal dari kita dan akan menjadi pemimpin kita. Lantas, jadilah seorang nabi, yakni Ādamas, mengawali perkaran ini dan, pada akhirnya pun, ada seorang nabi, yaitu ‘Īsāas. Maksudku adalah kenabian yang secara khusus dinugerahkan oleh Allah. Alhasil, beliau akan mendapati dua perkumpulan pada hari kiamat nanti: perkumpulan bersama kita serta perkumpulan bersama para nabi dan rasul.1
Perlu diketahui di sini bahwa yang dimaksud dengan kenabian mutlak dalam istilah Ibnu ‘Arabirh adalah kenabian tanpa syariah. Pernyataan beliau bahwa para wali umat Islam, seperti ‘Īsāas, berada di atas status kenabian ini tidak berarti sama dengan apa yang mungkin sebagian orang terka. Namun, maksud beliau adalah bahwa para wali umat Islam adalah muaddats dan muaddats pada hakikatnya adalah nabi bi al-quwwah walaupun tidak bi al-fi‘l. Artinya, ada di antara para wali yang telah sampai pada derajat kenabian berkat anugerah Allah Taala semata: ia diajak berbicara dengan Allah sebagaimana para nabi diajak berbicara dengan-Nya, ia diutus sebagaimana seorang nabi diutus, dan ia pun meminum dari mata air yang juga diminum para nabi. Hanya saja, Dia tidak menamainya nabi sebab pintu kenabian telah terkunci dengan kedatangan Nabi Suci MuammadSAW. Singkatnya, bolehlah dikatakan bahwa nabi adalah muaddats dan muaddats adalah nabi. Perbedaannya hanya masalah bāṭin dan ẓāhir serta quwwah dan fi‘l, yakni seorang nabi ialah ibarat pohon yang tumbuh meninggi lagi berbuah serta dapat disaksikan mata dari sisi luarnya, sedangkan seorang muaddats ialah laksana benih yang di dalamnya terkandung segala kekuatan yang terjelma dalam pohon tersebut. Ke arah inilah RasūlullāhSAW mengisyaratkan dalam hadis bahwa ulama-ulama umat beliau layaknya nabi-nabi Banī Isrāīl. Maksud dari ulama di sini adalah para muaddats yang dikaruniai ilmu dari sisi Tuhan mereka dan mereka pun mendapatkan keberkatan mukālamah dan mukhāṭabah dengan-Nya. Inilah penjelasan arat Mīrzā Ghulām Amadas.2 Adapun berkenaan dengan ‘Īsāas, Ibnu ‘Arabīrh mempergunakan frasa nubuwwat al-ikhtiṣāṣ. Jelas dari sini bahwa ‘Īsāas adalah wali yang dipanggil Allah Taala dengan sebutan nabi, tidak seperti yang lainnya. Oleh karena itu, Ibnu ‘Arabīrh mengatakan bahwa ‘Īsāas akan dibangkitkan lalu dikumpulkan bersama golongan para nabi dan umat Islam sekaligus. Maknanya, beliau adalah benar-benar seorang nabi bi al-fi‘l di tengah-tengah umat. Ini merujuk kepada ayat:
وَاللّٰهُ يَخْتَصُّ بِرَحْمَتِهِ مَنْ يَّشَاءُ ۚ ۝
“Allah mengkhususkan dengan rahmat-Nya siapa yang dikehendaki-Nya.”3
Hal ini dikuatkan lagi oleh ucapan Syaikhrh di tempat lain dalam al-Futūḥāt:
وَنُبُوَّةُ عِيْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ ثَابِتَةٌ لَهُ مُحَقَّقَةٌ، فَهٰذَا نَبِيٌّ وَرَسُوْلٌ قَدْ ظَهَرَ بَعْدَهُ صَلَّى اللّٰهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ، وَهُوَ الصَّادِقُ فيْ قَوْلِهِ أَنَّهُ لَا نَبِيَّ بَعْدَهُ، فَعَلِمْنَا قَطْعًا أَنَّهُ يُرِيْدُ التَشْرِيْعَ خَاصَّةً.
“Kenabian ‘Īsāas terbukti dan sah berdasarkan nas. Inilah nabi dan rasul yang datang setelah RasūlullāhSAW. Sementara itu, beliau tetaplah benar dalam sabda beliau bahwa tidak ada lagi nabi sepeninggal beliau sebab kami telah mengetahui dengan pasti bahwa yang beliau maksudkan hanyalah kenabian dengan syariah.”4
Sesudah ‘Īsāas datang selaku Khātam al-Auliyā, tidak akan ada lagi seorang wali, kecuali dari ia yang bermuasal dari Jamaah beliau. Syaikhrh menjelaskan:
فَإِنْ ظَهَرَ بَعْدَهُ وَلِيٌّ، فَلَيْسَ لَهُ الْمَقَامُ الْعَلِيُّ، فَإِنَّهُ مِنْ جُمْلَةِ أَتْبَاعِهِ وَصَحَابَتِهِ وَأَشْيَاعِهِ.
“Apabila muncul setelah beliau seorang wali, wali tersebut tidak akan memiliki makam luhung yang sama karena ia akan termasuk dalam pengikut, sahabat, dan kelompok beliau.”5
Akan tetapi, perlu diingat ‘Īsāas yang dimaksud di sini bukanlah ‘Īsāas yang dahulu diutus kepada Banī Isrāīl. Sebab, beliau sudah wafat menurut sabda Nabi SuciSAW. Imam aṭ-Ṭabrānīrh meriwayatkannya dalam al-Mu‘jam al-Kabīr di tengah-tengah redaksi yang panjang:
وَأَنَّهُ أَخْبَرَنِيْ أَنَّ عِيْسَى ابْنَ مَرْيَمَ عَاشَ عِشْرِيْنَ وَمِائَةَ سَنَةٍ.
“NabiSAW mengabarkan kepadaku bahwa ‘Īsāas hidup selama 120 tahun.”6
Ketika menjawab pertanyaan salah seorang murid beliau mengenai hadis ini, al-Ḥāfi Ibnu ajar al-‘Asqalānīrh menerangkan:
وَقَدْ أَخْرَجَ الطَّبْرَانِيْ فِي الْمُعْجَمِ الْكَبِيْرِ بِسَنَدٍ رِجَالُهُ ثِقَاتٌ إِلٰى مُحَمَّدِ بْنِ عَبْدِ اللّٰهِ بْنِ عَمْرِو بْنِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانٍ وَهُوَ الْمَعْرُوْفُ بِالدِّيْبَاجِ عَنْ أُمِّهِ فَاطِمَةَ ابْنَةِ الْحُسَيْنِ بْنِ عَلِيٍّ أَنَّ عَائِشَةَ كَانَتْ تَقُوْلُ (الحديث).
“Aabrānī telah mengeluarkan dalam al-Mu‘jam al-Kabīr dengan sanad yang para perawinya tsiqāt sampai kepada Muammad b. ‘Abdullāh b. ‘Amrū b. arat ‘Utsmān b. ‘Affānra yang terkenal dengan sebutan ad-Dībāj, dari ibunya, Fāṭimah b. arat usainra, dari arat ‘Ā’isyahra, bahwa beliau berkata (hadis).”7
Kalimat senada juga diungkapkan oleh Imam as-Sakhāwīrh.8
Arif akan kenyataan ini, Syaikhrh menafikan adanya pengangkatan jasmani Nabi ‘Īsāas. Sebaliknya, beliau mengungkapkan:
رَفْعُ عِيْسٰى عَلَيْهِ السَّلَامُ اتِّصَالُ رُوْحِهِ عِنْدَ الْمُفَارَقَةِ عَنِ الْعَالَمِ السَّفَلِيِّ بِالْعَالَمِ الْعَلَوِيِّ.
“Pengangkatan (raf‘) ‘Īsāas adalah kebersampaian ruh beliau ketika berpisah dari alam yang rendah menuju alam yang tinggi.”
Lantas, bagaimana halnya dengan kabar bahwa beliau akan datang pada akhir zaman? Syaikhrh menjawab:
وَلَمَّا كَانَ مَرْجَعُهُ إِلٰى مَقَرِّهِ الْأَصْلِيِّ وَلَمْ يَصِلْ إِلَى الْكَمَالِ الْحَقِيْقِيِّ، وَجَبَ نُزُوْلُهُ فِيْ آخِرِ الزَّمَانِ بِتَعَلُّقِهِ بِبَدَنٍ آخَرٍ.
“Karena beliau harus kembali ke tempat menetap beliau yang asli, dunia, dan beliau pun belum mencapai kesempurnaan yang hakiki, turunnya beliau pada akhir zaman nanti wajib melalui perhubungan dengan suatu tubuh yang lain.”
Lebih lanjut, beliau menjelaskan lagi:
حِيْنَئِذٍ يَعْرِفُهُ كُلُّ أَحَدٍ وَيُؤْمِنُ بِهِ أَهْلُ الْكِتَابِ أَيْ أَهْلُ الْعِلْمِ الْعَارِفِينَ بِالْمَبْدَأِ وَالْمَعَادِ عَنْ آخِرِهِمْ قَبْلَ مَوْتِ عِيْسٰى بِالْفَنَاءِ فِي اللّٰهِ، وَإِذَا آمَنُوْا بِهِ يَكُوْنُ يَوْمَ الْقِيَامَةِ أَيْ يَوْمُ بُرُوْزِهِمِ عَنِ الْحُجُبِ الْجَسْمَانِيَّةِ وَقِيَامِهِمِ عَنْ حَالِ غَفْلَتِهِمْ وَنَوْمِهِمُ الَّذِيْ هُمْ عَلَيْهِ الآنَ.
“Pada saat itu, setiap orang akan mengenali beliau dan ahli kitab, yakni ahli ilmu yang arif akan awal dan akhir dunia, pada akhirnya akan beriman kepada ‘Īsā sebelum beliau wafat melalui fanā’ fillāh. Begitu mereka beriman, hari kiamat pun akan kerjadi, yakni hari terlepasnya mereka dari tabir-tabir jasmani serta bangkitnya mereka dari keadaan lalai dan tidur yang tengah mereka alami sekarang.”9
Pendapat yang demikian bukanlah semata-mata milik Syaikh Ibnu ‘Arabīrh. Namun, Sirāj ad-Dīn Ibnu al-Wardīrh telah merekam bahwa ada juga segolongan orang yang mengemukakan hal yang serupa. Beliau menuturkan:
وَقَالَتْ فِرْقَةٌ: نُزُوْلُ عِيْسٰى خرُوْجُ رَجُلٍ يُشَبِّهُ عِيْسٰى فِي الْفَضْلِ وَالشَّرَفِ، كَمَا يُقَالُ لِلرَّجُلِ الْخَيْرِ مَلَكٌ وَلِلشِّرِّيْرِ شَيْطَانٌ، تَشْبِيْهًا بِهِمَا وَلَا يُرَادُ الْأَعْيَانُ.
“Sekelompok ahli takwil mengatakan: turunnya ‘Īsāas adalah keluarnya seseorang yang menyerupai ‘Īsāas dalam kemuliaan dan kehormatan sebagaimana seseorang yang baik hati disebut malaikat dan seorang yang buruk hati disebut setan semata-mata untuk penyerupaan dan tidaklah dimaksud dengannya orang-orang yang berlainan.”10
Saripati dari keterangan-keterangan di atas adalah bahwa ‘Īsāas yang diutus kepada Banī Isrāīl telah wafat menurut Ibnu ‘Arabīrh. Adapun ‘Īsāas yang dijanjikan kedatangannya oleh Nabi Suci MuammadSAW dan akan menjadi Khātam al-Auliyā menurut Syaikhrh, ia adalah orang lain. Jamaah Muslim Ahmadiyah meyakini bahwa sosok tersebut telah tergenapi dalam wujud arat Mīrzā Ghulām Amad al-Qādiānīas. Beliau sendiri telah bersabda:
أَيُّهَا النَّاسُ! إِنِّيْ أَنَا الْمَسِيْحُ الْمُحَمَّدِيُّ، وَإِنِّيْ أَنَا أَحْمَدُ الْمَهْدِيُّ. وَإِنَّ رَبِّيْ مَعِيْ إِلٰى يَوْمِ لَحْدِيْ مِنْ يَوْمِ مَهْدِيْ. وَإِنِّيْ أُعْطِيْتُ ضِرَامًا أَكَّالًا، وَمَاءً زُلَالًا، وَأَنَا كَوْكَبٌ يَمَانِيٌّ، وَوَابِلٌ رُوْحَانِيٌّ. إِيْذَائِيْ سِنَانٌ مُذَرَّبٌ، وَدُعَائِيْ دَوَاءٌ مُجَرَّبٌ. أُرِيْ قَوْمًا جَلَالًا، وَقَوْمًا آخَرِيْنَ جَمَالًا، وَبِيَدِيْ حَرْبَةٌ أُبِيْدُ بِهَا عَادَاتِ الظُّلْمِ وَالذُّنُوْبِ، وَفِي الْأُخْرٰى شُرْبَةٌ أُعِيْدُ بِهَا حَيَاةَ الْقُلُوْبِ. فَاسٌ لِلإِفْنَاءِ، وَأَنْفَاسٌ لِلْإِحْيَاءِ. أَمَّا جَلَالِيْ فَبِمَا قُصِدَ كابْنِ مَرْيَمَ اسْتِيْصَالِيْ، أَمَّا جَمَالِيْ فَبِمَا فَارَتْ رَحْمَتِيْ كَسِيِّدِيْ أَحْمَدَ لِأَهْدِيَ قَوْمًا غَفَلُوْا عَنِ الرَّبِّ الْمُتَعَالِيْ.
“Wahai manusia! Sungguh, Akulah Almasih al-Muammadī dan Akulah Amad Almahdi. Tuhanku senantiasa besertaku sampai lanjut usia dari masa kanak-kanak. Aku telah diberikan kobaran api yang amat panas dan air tawar yang segar sekaligus. Aku adalah bintang Yamani dan Aku adalah hujan rohani yang deras. Mencelaku adalah tombak yang tajam, sedangkan doaku adalah obat mujarab. Aku memperlihatkan kegagahan kepada suatu kaum dan kejombangan kepada kaum yang lain. Di salah satu tanganku terdapat pedang yang dengannya Aku menghancurkan kebiasaan-kebiasaan aniaya dan dosa, sedangkan di tangan yang lain terdapat serbat yang dengannya Aku mengembalikan kehidupan hati. Sebuah kapak untuk membinasakan dan hembusan nafas untuk menghidupkan. Adapun kegagahanku, hal itu karena telah ditakdirkan bahwa pemusnahan yang Kulakukan akan seperti Ibnu Maryamas. Sementara itu, kejombanganku adalah karena rahmatku mengalir seperti Junjunganku, AmadSAW, untuk menyampaikan petunjuk kepada suatu kaum yang telah lalai dari Tuhan Yang Mahaluhung.”11
Mengenai khatm al-wilāyah, beliau memproklamasikan:
وَإِنِّيْ عَلٰى مَقَامِ الْخَتْمِ مِنَ الْوِلاَيَةِ، كَمَا كَانَ سَيِّدِيَ الْمُصْطَفٰى عَلٰى مَقَامِ الْخَتْمِ مِنَ النُّبُوَّةِ. وإِنَّهُ خَاتَمُ الأَنْبِيَاءِ، وَأَنَا خَاتَمُ الأَوْلِيَاءِ، لاَ وَلِيَّ بَعْدِيْ، إِلاَّ الَّذِيْ هُوَ مِنِّيْ وَعَلٰى عَهْدِيْ. وَإِنِّيْ أُرْسِلْتُ مِنْ رَبِّيْ بِكُلِّ قُوَّةٍ وَبَرَكَةٍ وَعِزَّةٍ، وَإِنَّ قَدَمِيْ هٰذِهِ عَلٰى مَنَارَةٍ خُتِمَ عَلَيْهَا كُلُّ رِفْعَةٍ، فَاتَّقُوا اللّٰهَ أَيُّهَا الْفِتْيَانُ، وَاعْرِفُوْنِيْ وَأَطِيْعُوْنِيْ وَلَا تَمُوْتُوْا بِالْعِصْيَانِ!
“Sesungguhnya, Aku berada di atas makam khatm al-wilāyah sebagaimana Junjunganku, al-MuṣṭafāSAW, berada di atas makam khatm an-nubuwwah. Beliau adalah Khātam al-Anbiyā, sedangkan Aku adalah Khātam al-Auliyā. Tidak akan ada lagi wali setelahku, kecuali ia yang berasal dariku dan menepati janjinya kepadaku. Sesungguhnya, Aku diutus dari Tuhanku dengan segala kekuatan, keberkatan, dan kemegahan. Kakiku ini berada di atas menara yang tiada lagi ketinggian setelahnya. Oleh sebab itu, bertakwalah kepada Allah, duhai para pemuda, lalu kenalilah dan taatilah diriku serta janganlah pula kalian mati dengan pembangkangan.”12
Segala puji bagi Allah, segala puji bagi Allah, Dia telah melegakan hati kita untuk beriman kepada Khātam al-Auliyā yang dijanjikan. Sepeninggal beliau, tidak ada wali lagi selain dari kalangan Jamaah dan taat sepenuhnya kepada Khilafah Ahmadiyah. Adapun ia yang menolak arat Masīḥ Mau‘ūdas, kecelakaan akan menimpanya sebagaimana beliau bersabda:
وَإِنَّ أَشْقَى النَّاسِ رَجُلَانِ.. وَلَا يَبْلُغُ شَقَاوَتَهُمَا أَحَدٌ مِنَ الْإِنْسِ وَالْجَانِّ: رَجُلٌ كَفَرَ بِخَاتَمِ الْأَنْبِيَاءِ، وَرَجُلٌ آخَرَ مَا آمَنَ بِخَاتَمِ الْخُلَفَاءِ.
“Sesungguhnya, ada dua orang yang paling celaka dan tidak ada seorangpun dari kalangan manusia dan jin yang mampu melebihi kecelakaan keduanya: seseorang yang mengingkari Khātam al-Anbiyā dan seorang lain yang tidak beriman kepada Khātam al-Khulafā.”13
Oleh sebab itu, sudah sepatutnya kita bersyukur kepada Allah Taala atas karunia-Nya yang tiada terperikan ini.

—0—

Bibliografi
1 Ibnu ‘Arabī, al-Futūḥāt al-Makkiyyah, vol. 3 (Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1999 M/1420 H), hlm. 75.
2 Ḥaḍrat Mīrzā Ghulām AḥmadasḤamāmat al-Busyrā ilā Ahl Makkah wa Ṣulaḥā’ Umm al-Qurā dalam Rūḥānī Khazā’in, vol. 7 (Surrey: Islam International Publications Limited), hh. 300-301.
3 Q.S. 2:106.
4 Ibnu ‘Arabī, al-Futūḥāt al-Makkiyyah, vol. 4 (Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1999 M/1420 H), hlm. 6.
5 Ibnu ‘Arabī, ‘Anqā’ Mughrib fī Ma‘rifat Khatm al-Auliyā’ wa Syams al-Maghrib (Kairo: Maṭba‘ah Raḥmāniyyah, tt), hlm. 70.

Ket: Karena tidak terdapat tahun penerbitan dalam sumber di atas, kami mengunggah fotonya ke laman ini supaya pembaca mengetahui dengan pasti bahwa kutipan yang disajikan benar dan tidak mengada-ngada.

6 Al-Mu‘jam al-KabīrFī Mā Rawat Ummu-l’Mu’minīn ‘Ā’isyah ‘an Fāṭimah raḍiyallāhu ‘anhumā, no. 1301.
7 Ibnu Ḥajar al-‘Asqalānī, Ajwibat al-Ḥāfiẓ Ibni Ḥajar ‘alā As’ilat Ba‘ḍ Talāmidzatih wa Yalīh Ajwibat al-Ḥāfiẓ al-‘Irāqī ‘alā As’ilat Tilmīdzih Ibni Ḥajar al-‘Asqalānī (Riyadh: Aḍwā’ as-Salaf, 1424 H), hlm. 79.
8 Syams ad-Dīn as-Sakhāwī, al-Maqāṣid al-Ḥasanah fī Bayān Katsīr min al-Aḥādīts al-Musytahirah ‘alā al-Alsinah (Beirut: Dār al-Kutub al-‘Ilmiyyah, 1979 M/1399 H), hlm. 363.
9 Ibnu ‘Arabī, Tafsīr asy-Syaikh al-Akbar al-‘Ārif billāh Ta‘ālā al-‘Allāmah Muḥy ad-Dīn Ibni ‘Arabī, vol. 1 (tp, tt), hlm. 165.

Ket: Karena tidak terdapat keterangan nama penerbit dan tahun penerbitan dalam sumber di atas, kami mengunggah fotonya ke laman ini supaya pembaca mengetahui dengan pasti bahwa kutipan yang disajikan benar dan tidak mengada-ngada.

10 Ibnu al-Wardī, Kharīdat al-‘Ajā’ib wa Farīdat al-Gharā’ib (Kairo: Maktabat ats-Tsaqāfah ad-Dīniyyah, 2007), hlm. 442.
11 Ḥaḍrat Mīrzā Ghulām Aḥmadasal-Khuṭbah al-Ilhāmiyyah (Surrey: Al-Shirkatul Islamiyyah, 2009), hh. 22-23.
12 Ibid, hh. 24-25.

13 Ḥaḍrat Mīrzā Ghulām Aḥmadasal-Hudā wa at-Tabṣirah li Man Yarā; dalam Rūḥānī Khazā’in, vol. 18 (Surrey: Islam International Publications Limited), hlm. 250.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *